RSS

Ipega PG 9021 – Controller Android Yang Murah Meriah

24 Agu

iPega-Featured

Saya punya kabar baru bagi penggemar ngegame di hp alias di smartphone android kali ini saya akan bagi sedikit reviev Controller Android yang satu ini .

Smartphone gaming controller memang sudah tersedia sejak lama baik untuk Android ataupun iOS, namun baru sekarang saya merasakan kebutuhan untuk benar-benar menggunakan controller. Ini karena ketika saya memainkan Modern Combat 5, saya benar-benar dibantai oleh pemain yang menggunakan Moga controller. Awalnya saya sudah siap memesan Moga pocket namun ternyata Billion sudah membeli Ipega PG 9021 yang akhirnya saya pinjam untuk membuat ulasan ini.

Saya selalu menganggap bahwa controller seperti ini akan berukuran mini atau setidaknya lebih kecil dari controller console. Namun begitu saya pegang, ternyata Ipega PG 9021 adalah controller dengan ukuran yang besar dan bahkan lebih besar dari controller PlayStation 4. Ini membuat saya merasa semangat karena memang itulah yang saya cari.

Ipega-Screenshot-4

Pertama kali membaca user instruction yang datang bersama dengan Ipega saya merasa sedikit kebingungan karena Ipega mempunyai 4 mode yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Namun pada dasarnya dua mode umum yang akan terpakai sering adalah mode x untuk Android dan mode b untuk iOS. Cara menghubungkannya cukup mudah: nyalakan Ipega, tekan tombol X + home, nyalakan Bluetooth android smartphone, pairing, dan selesai.

Setelah itu saya melakukan mounting smartphone ke dalam hook Ipega yang ternyata bisa ditarik cukup tinggi. Tidak bisa menampung tablet memang, namun setidaknya phablet dapat dipasang dengan mudah. Saya sendiri menggunakan Xiaomi MI3 5 inch dan masih terdapat sisa ruang tarikan sekitar 3 cm.

Epiga-Screenshot-3

Game pertama yang saya coba adalah The King of Fighters ’98 dan tanpa melakukan banyak setting saya langsung bisa beraksi. Pengalaman bermainnya jelas terasa berbeda. Ipega untungnya mempunyai respon yang sangat baik sehingga melakukan gerakan combo atau special attack yang cepat juga dapat dieksekusi dengan mudah.

Epiga-Screenshot-5

Untuk kualitas produknya sendiri, saya dengan senang hati melaporkan bahwa Ipega dibuat baik. Walaupun ini adalah produk buatan Cina dengan harga yang murah, tapi sama sekali tidak ada indikasi bahwa ini produk murahan. Memang bahannya sedikit tipis dan tidak memberikan kesan kokoh seperti controller Xbox, namun finishing build terasa mantap. Analog utama yang merupakan elemen terpenting terasa enak untuk digunakan dan responsif. Tapi D-pad yang berada di kiri bawah sayangnya tidak memberikan pengalaman yang sama. Ketika ditekan D-pad ini tidak memberikan respon balik yang enak, tapi karena D-pad ini juga jarang digunakan oleh saya maka saya juga tidak terlalu memikirkannya.

Bagian button A, B, X, dan Y, terasa ok untuk digunakan tapi tidak seenak controller PlayStation. Jika kamu menggunakan controller PlayStation maka tombol akan memberikan daya tahan sampai ke titik tertentu sebelum akhirnya menyerah dan memberikan kamu sebuah “klik” (susah menjelaskannya tapi saya yakin kamu tahu apa yang saya maksud). Di Ipega, tombol-tombol juga akan memberikan daya tahan namun tidak ada rasa klik, kamu tahu bahwa tombol itu telah bekerja dengan melihat reaksi di layar, bukan dari rasa “klik” yang diciptakan oleh tombol.

Satu sentuhan yang terasa berguna adalah tombol media di bagian kanan bawah. Tombol media ini berguna untuk menambah dan mengurangi volume. Ini sangat membantu karena begitu smartphone kita berada dalam klip maka mengatur volume bisa jadi perkara yang menyulitkan.

Ipega-Screenshot-2

Untuk masalah baterai Ipega cukup di charge sekitar 1 jam sampai penuh untuk penggunaan sekitar 5 -10 jam, tergantung game apa yang kamu mainkan. Sebuah game fighting jelas akan membuat penggunaan baterai semakin boros jika dibanding dengan bermain Manuganu 2 yang hanya mengandalkan 2 tombol saja. Ada yang mengatakan bahwa Ipega ini mampu bertahan 20 jam namun saya tidak pernah mendapatkan daya baterai selama itu.

Jika Ipega ini rusak maka mungkin saya akan membeli Moga sebagai penggantinya, terutama karena faktor tombol A, B, X, dan Y yang tidak terlalu enak. Namun jika kamu belum pernah mempunyai controller untuk smartphone maka Ipega ini adalah langkah awal yang tepat. Kamu akan mendapat sebuah controller entry level yang solid dengan fitur yang cukup lengkap dan compatible dengan iOS (iCade only) dan Android. Untuk harganya yang berkisar Rp. 250.000 saya sebenarnya bisa merekomendasikan ipega dengan cukup mudah kepada kamu.

nah sekian dulu review nya dan bagi kamu yang pengen kamu bisa membeli Ipega di jakartanotebook.com atau kaskus (cukup ketik jual Ipega).

source:http://id.gamesinasia.com

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 24, 2014 in All In, News Update

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: